2 of 5 PORTER's Forces Model in Digital Era
1. Threat of
Substitute Product or Services (Ancaman produk atau Jasa
pengganti)
Kekuatan ini
mengancam apabila pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk atau jasa
pengganti dengan harga atau kualitas yang lebih baik dan apabila pelanggan
dapat beralih kepada produk atau jasa lain dengan biaya yang rendah. Ancaman ini termasuk tinggi ketika:
·
Ada banyak produk pengganti yang tersedia
·
Pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk atau
jasa dengan penawaran harga yang sama atau
lebih rendah
·
Produk pesaing memiliki kualitas
lebih baik
·
Perusahaan mendapat keuntungan
lebih tinggi dari produk pengganti sehingga harga dapat diturunkan lebih rendah
Kekuatan ini
dapat sangat mengancam di era digital seperti sekarang, karena teknologi
semakin maju dan masyarakat milenial umumnya tidak mau tertinggal tren. Perkembangan
tren di era digital bergerak sangat cepat, sedangkan manusia ingin semua
pekerjaan yang dilakukannya semakin praktis, sehingga setiap perusahaan berlomba
menciptakan produk baru. Sebagian besar pelanggan akan membeli produk pengganti
tersebut jika dirasa kegunaannya lebih efisien dari barang sebelumnya, bahkan
rela mengeluarkan uang lebih banyak demi menyesuaikan diri dengan tren. Apalagi
jika produk pengganti memiliki harga yang lebih terjangkau, maka akan menjadi
nilai tambah bagi strategi perusahaan tersebut.
2. Bargaining Power
of Supplier (Daya tawar dari pemasok)
Kekuatan ini menganalisis seberapa
mudah supplier (pemasok) menaikan
harga sehingga akan mempengaruhi bottom
line dan profitabilitas perusahaan. Jumlah pemasok yang tersedia juga akan
mempengaruhi harga, semakin sedikit pemasok, maka semakin besar kekuatan yang
mereka miliki dalam memainkan harga. Suatu unit bisnis berada dalam posisi yang
lebih baik ketika terdapat banyak pemasok.
Daya tawar pemasok menentukan seberapa kuat posisi penjual.
Jumlah pemasok memiliki kontrol untuk mengatur harga pasar, pemasok semakin
kuat ketika:
· Pemasok terpusat dan terorganisir
·
Beberapa barang pengganti
tersedia
·
Produk “mereka” lebih efektif dan
unik
·
Peralihan biaya tinggi, dari satu
pemasok ke pemasok lain
·
Perusahaan kita bukan pelanggan
yang “penting” untuk pemasok
Dengan peningkatan teknologi dalam era digital, supplier
akan semakin giat meningkatkan teknologinya dan tentu akan berpengaruh terdahap
naiknya harga, sedangkan perusahaan tidak memiliki daya untuk mengatur harga. Jika
harga dari supplier tinggi, maka terpaksa harga jual oleh perusahaan juga naik,
pengaruhnya akan terjadi pada keputusan pelanggan dalam membeli produk tersebut.
Reference: https://www.cio.com/article/2976572/digital-disruption-from-the-perspective-of-porters-five-forces-framework.html
Comments
Post a Comment